Pangean Dalam Peta

on Sunday, December 21, 2008

peta-pangean

Ternyata amat sangat susah sekali (berlebihan ya?) untuk menemukan statistik Pangean. Setelah pencarian sekian lama, googling dan obrak abrik situs pemerintah Kuantan Singingi, saya terpaksa harus gigit jari. Tidak ada data terbaru tentang Kecamatan Pangean. Padahal kecamatan ini sudah lama berdiri sendiri dan tidak lagi berstatus sebagai kecamatan pembantu dibawah kecamatan Kuantan Hilir. Apakah pemerintah kabupaten (bahkan propinsi) tidak berniat untuk meng-update data pemerintahannya sendiri? Atau memang tidak mau tahu dengan hal ini? Ah entahlah...!! Padahal statistik sebuah wilayah sangat penting bagi sebuah pemerintahan. Tidak heran kiranya jika wilayah negara kita lambat laun akan semakin berkurang karena dicomot negara lain. Toh kita tidak mempunyai bukti bahwa kita memilikinya, kan? Datanya saja tidak ada.

Ribet....!!!

Kembali ke peta. File ini saya temukan di tumpukan data-data Corel Draw yang dulunya saya minta pada Bang Arie Beyay untuk dijadikan bahan pelajaran design. Data inipun sudah lama, dua tahun yang lalu. Tentunya dalam jangka waktu begitu sudah banyak perubahan yang terjadi, dan data tersebut tentu saja tidak lagi relevan dengan keadaan sebenarnya. Tapi, tetap saja saya berterima kasih pada Bang Ari karena tanpa beliau peta ini tidak akan pernah saya temukan dalam bentuk digital.

Dalam data pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi (yang entah tahun berapa), luas wilayah Kecamatan Pangean adalah 145,32 km2 atau lebih kurang 1,9 % dari keseluruhan luas wilayah Kabupaten Kuantan Singingi. Kecamatan Pangean memiliki 14 desa yaitu Pasarbaru (sebagai ibukota kecamatan), Koto Pangean, Pulau Tongah, Pulau Kumpai, Tanah Bakali, Pulau Dore, Padang Tangguang, Toluak Pauah, Padang Kunik, Pambatang, Rawang Binjai, Puangik, Sukapiang, dan Pulau Ronge. Desa ini belum termasuk daerah di dusun Sako dalam yang berpenduduk lebih kurang sama dengan hitungan satu buah desa.

Pada Tahun 2000 (sudah 8 tahun yang lalu), jumlah penduduk laki-laki adalah sebanyak 6.678 orang dan perempuan sebanyak 6.487 orang, dengan klasifikasi rumah tangga sebanyak 3.150 buah.

Kondisi geografis Kecamatan Pangean:

  • Curah Hujan: > 1500 mm/tahun
  • Kemiringan Lereng: 0 - 45 derajat.
  • Ketinggian tanah 25-30 meter di atas permukaan air laut

Sarana Sosial/kemasyarakatan:

  • Sarana Pendidikan: SDN (18).
  • Jumlah Guru : SDN (119).
  • Jumlah murid : SD (2.047).
  • Sarana Ibadah: Mesjid (14), Mushalla (95)
  • Sarana Pasar/perbelanjaan: Pasar Baru Pangean (Jumat).

Keberadaan statistik ini sekali lagi hanya bersifat membantu karena mungkin ada beberapa teman yang ingin mengetahui lebih dalam tentang kampung halamannya. Jelas, membantu pun hanya dalam taraf yang sangat sedikit sekali (Mo'o muah Pak, Buk, Mak, Tek, dll) karena kendala data yang sangat susah didapat dan tidak up to date.

Harapan saya ke depan, pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi melakukan data ulang untuk tiap kecamatan. Mungkin hal ini kelihatan sepele namun sesungguhnya sangat berarti bagi orang-orang yang peduli.

Salam...

Sumber data: http://www.kuansing.go.id

0 comments:

Post a Comment