Pangean Creation 1

on Sunday, December 21, 2008



Ada rasa bangga terselip di dada saya ketika melihat hasil kerja keras anak Pangean dalam membuat album Pangean Creation I ini. Rasa bangga karena mereka telah menghasilkan sebuah karya yang membawa nama kampung halaman, nama negeri, dan nama Pangean kedunia luas. Terhitung sejak Kecamatan Pangean benar-benar berdiri sendiri, dalam artian tidak lagi berada dibawah Kecamatan Kuantan Hilir, belum ada satupun wadah yang mampu menampung minat dan bakat generasi muda Pangean untuk berkreasi dan berkarya. Padahal potensi-potensi yang ada sangat butuh perhatian dan butuh tempat pencurahan. Lihat saja, Yulhasri (yang juga hadir dalam album Pangean Creation I ini) pernah memenangkan lomba tingkat Kabupaten; Asjan, dengan Kuantan Bagoyang-nya yang sudah dikenal se-Kabupaten Kuantan Singingi; tak lupa band-band remaja yang baru hadir dan memberikan harapan seperti The Shake dan Bore Band, semua mereka perlu di wadahi. Mereka perlu di berikan ruang tempat berkreasi dan menunjukkan karya.

Hadirnya album Pangean Creation I yang di-prasaranai oleh caleg-caleg PPP, yang notabene adalah putra-putra Pangean juga, memberikan sebuah cahaya terang. Bang Pispian Rahman, S.Sn (biasanya lebih sering dipanggil bang Epis) dengan Manifesto Studio-nya telah memberikan sebuah jawaban dan solusi dari kebutuhan-kebutuhan tersebut. Album ini setidaknya telah menggeliatkan keinginan-keinginan pemuda-pemudi Pangean untuk berkarya. Senang sekali rasanya melihat orang-orang yang saya kenal ditonton dan diapresiasi oleh orang banyak. Tentunya, kemajuan teknologi telah ikut memberikan kemudahan-kemudahan. Tinggal lagi sumber daya manusianya yang juga harus ikut ditingkatkan.

Berbicara tentang kekurangan, tentu saja masih banyak yang harus diperbaiki dalam album ini. Terang sekali masih ada kekakuan dan kecanggungan yang terlihat jelas dari personil-personil yang tampil. Disamping itu, kualitas gambar, suara, dan juga mixing-nya masih belum bagus benar. Tapi, bagi saya pribadi, album ini sudah cukup memuaskan dan patut diacungi dua jempol. Banyak hal yang juga ikut terangkat dari sini; misalnya penampilan budaya (dalam lagu Kuantan Kayo Tradisi – Asjan) dan berbagai lokasi syuting video klip. Semuanya bisa sekalian dipromosikan disini. Istilahnya, sakali marongkuah dayuang, duo tigo pulau talampaui. Berkarya dan promosi.

Pada akhirnya, tidak kurang rasa terima kasih saya pada tiga calon anggota legislatif PPP yang mensponsori album ini. Beliau adalah Dr. Ir. A. Asri Harahap, SE.MM; H Syarif Hidayat, S.H; dan Sukemi S. Ag. Tak lupa pada Bang Epis, (tu baru mantap ma bang! Terus berkarya, tunggu awak disitu, hehe), dan pada semua yang telah membidani album Pangean Creation 1. Mudah-mudahan akan ada Pangean Creation II, III, dan seterusnya. Walau saya tidak ada andil apa-apa bahkan tidak ada sangkut pautnya dengan album ini, namun sebagai putra Pangean wajar kiranya saya ikut berbangga hati. Bagi orang rantau seperti saya, walau sebenarnya tidaklah seberapa jauh dari kampung, album ini telah mengobati rasa tadogak akan Pangean, tanah laman tompek bagoluik, bakumpual, bacarito.

Sukses selalu buat Manifesto Studio dan terus berkarya.

Untuak kawan-kawan jauah yang ingin manengok logu-logu album ko go, silahkan kunjungi link dibawah ko ha....

Asjan - Cinto Tali Kompang

Asjan - Kuantan Kayo Tradisi

Asjan - Kuantan Bagoyang

The Shake - Shally

Yulhasri - Cinta Hitam

Bore Band - Karenamu

Syahbardi - Takut Sengsara

0 comments:

Post a Comment